1. Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya.
Ilustasi ini berkaitan dengan perkembangan ....
A. kemampuan kognitif
B. kemampuan interaksional
C. kemampuan integrasi diri
D. kemampuan komunikatif
2. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah
kognitif adalah….
A. kemampuan berkomunikasi
B. Kemampuan untuk memecahkan masalah
C. kemampuan berinteraksi
D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri
3. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah
logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan
ciri-ciri kemampuan anak berusia
A. 0 - 2 tahun
B. 2 -- 7 tahun
C. 7 -- 11/12 tahun
D. 11/12/ -- 14/15 tahun
4. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe,
gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah
sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan
A. Anak memahami bilangan dan angka tetapi
masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
B. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap
lingkunganya (sensomotor)
C. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
D. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat
lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)
5. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan
kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….
A. Kognitif
B. Sosial
C. Emosional
D. moral
6. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam
suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk
mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya
diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri.
Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam
perkembangan
A. sosial-emosional
B. kognitif
C. moral
D. spritual
7. Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas
benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang
lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan
kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.
Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada
tahapan ...
A. penalaran pascakonvensional
B. penalaran konvensional
C. penalaran prakonvensional
D. penalaran interkonvensional
8. Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga,
kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya
untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga. Pernyataan
tersebut merupakan tahapan perkembangan moral
A. Prakonvensional
B. Konvensional
C. Pascakonvensional
D. Interkonvensional
9. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan
rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi
untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….
A. mengemukakan gagasan
B. mengaktualisasikan diri
C. penciptaan hubungan yang baik
D. menformulasikan tindakan
10. Seorang peserta didik merasa kurang bersemangat pada
jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih senang tinggal di sekolah sampai sore,
petugas kebersihan sekolah sampai menyuruhnya pulang karena matahari hampir
tenggelam.
Peserta didik tersebut dicurigai memiliki hambatan
pengembangan potensi berupa faktor ....
A. intelegensi dan kognitif
B. budaya dan pembiasaan
C. keluarga dan lingkungan masyarakat
D. emosional dan kepribadian
11. Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi
yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang
ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam
hal ....
A. kesulitan akademis
B. gangguan simbolik
C. gangguan nonsimbolik
D. gangguan sosial
12. Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak
pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....
A. Membantu siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya
B. Menbantu siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri
dengan lingkungannya
C. Membantu siswa agar dapat mengatasi
kesulitan belajar
D. Membantu siswa agar memperoleh informasi tertentu
13. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari
pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari
siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara
rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya
(law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme
14. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan
dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan
(hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan
(pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan
benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
A. Sibernetik
B. Humannistik
C. Behaviorisme
D. Konstruktivisme
15. Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran
adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna
kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari
sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini
adalah ….
A. Humanistik
B. Konstruktivisme
C. kognitivisme
D. Nativisme
16. Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar
setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan
teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online.
Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar ….
A. Sibernetik
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D. Kognitivisme
17. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau
pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di
dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar…
A. Behaviorisme
B. Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Sibernatik
18. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan
hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan
kompetensinya dimuat dalam:
A. Silabus
B. RPP
C. Silabus dan RPP
D. SKL
19. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....
A. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar,
indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber
belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
B. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan
pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar,
langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
C. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar,
indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media
pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
D. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar,
indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber
belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran
20. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses
pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut:
A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp
mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar
B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar
lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat
oleh tim guru
D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan
pendidikan.
21. Teknologi informasi dan
komunikasi dalam pembelajaran memiliki tiga fungsi utama yang di gunakan dalam
kegiatan pembelajaran kecuali
A. Teknologi sebagai alat bantu bagi siswa dalam pembelajaran
B. Teknologi sebagai ilmu pengetahuan (science)
C. Teknologi sebagai bahan dann alat bantu pembelajaran (literacy)
D. Teknologi sebagai
alat pengembangan produk
22. Bu Ani mengajak siswa kelas V ke ladang jagung milik petani untuk
mengamati tanaman jagung yang siap di panen muda. Selanjutnya ibu Ani
memeriksa laporan hasil observasi siswa. Dari hasil klasifikasi kecenderungan
gaya belajar siswa di peroleh peringkat hasil belajar peringkat terbaik dari
pembelajaran berupa observasi di luar kelas menunjukkan siswa memeiliki
kecenderungan gaya belajar berhasil baik melalui.....
A. Visual (pandangan mata)- Auditif (pendengaran)
B. Visual (pandangan mata ) - Kinestik (gerak )
C. Auditif (pendengaran )- Kinestetik (gerak)
D. Auditif Visual dan
kinestetik
23. Upaya membimbing siswa untuk mengembang keterampilan pengetahuan terlihat
dalam upaya guru:
A. memberi contoh penting toleransi
B. mendiskusikan
bagaimana mengubah permasalahan disekitar siswa
C. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
D. melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi
24. Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan
belajar antara lain sebagai berikut ………
A. menentukan kreteria keberhasilan belajar
B. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
C. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kreteria keberhasilan yang
diharapkan
D. merencanakan
pengajaran remidi
25. Kegemaran anak akan dongeng /cerita yang bersifat kritis seperti kisah
perjalanan riwayat para pahlawan dan sebagainya merupakan ciri-ciri anak
berusia……...
A. 3-5tahun
B. 6-8 tahun
C. 10-12 tahun
D. 15-18 tahun
26. Beberapa siswa memiliki kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal atau
tugas dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan .Gaya belajar para siswa
tersebut adalah…….
A. implusive
B. reflektif
C. gaya berfikir terikat
D. gaya berfikir bebas
27. Hal yang mengandung makna Pancasila sebagai kaidah dasar Negara bersifat…….
A. jujur dan adil
B. mengikat dan
memaksa
C. sementara dan selamanya
D. sebenarnya dan sejujunya
28. Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur
,hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang ……
A. Adil
B. Obyektif
C. Valid
D. Sistematis
29. Jika roda pertama berputar 3 kali, dan roda kedua berputar 9 kali,
berapakalikah roda kedua akan berputar jika roda pertama berputar 10 kali
A. 30
B. 21
C. 27
D. 18
30. Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat menentukan manfaat atau
kegunaan suatu obyek atau program adalah ….
A. Pengukuran
B. Evaluasi
C. Penilaian
D. Penilaian
31. Proses mendengarkan yang
dilakukan dengan sungguh-sungguh disebut…..
A. Membaca intensif
B. Membaca langsung
C. Membaca deduktif
D. Membaca sekilas
32. Etika Pancasila adalah …..
A. Ketuhanan,
kemanusiaan dan keadilan
B. Keagamaan, social dan kerakyatan
C. Kebangsaan , kedaerahan dan kebudayaan
D. Ketuhanan, kerakyatan dan kebangsaan
33. Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan agar proses
pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada....
A. Metode pembelajaran
B. Pendekatan pembelajaran
C. Strategi
pembelajaran
D. Gaya pembelajaran
34. Manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah (1) meningkatkan proses
belajar mengajar, (2) menggunakan rancangan yang bersifat siklus di mana setiap
siklus memperhatikan perubahan langkah demi langkah, dan (3) mencakup proses
refleksi dan partisipatif, kecuali....
A. Meningkatkan proses belajar mengajar
B. Menggunakan rancangan yang bersifat siklus
C. Mencakup proses refleksi
D. Menggunakan
metodelogi terbaru
35. Pada suatu hari dalam perjalanan menumpangi mobil angkot. Dua penumpang
yang masih muda belia tertawa, tetapi tidak terdengar mereka melakukan
interaksi. Karena penasaran, saya mencoba memperhatiakan apa yang mereka
lakukan. Ternyata mereka adalah siswa-siswa tuna rungu sedang asyik
berkomunikasi, akan tetapi komunikasi yang dilakukan tidak menggunakan bahasa.
Mereka menggunakan jari-jari tangan untuk berkomunikasi. Dengan demikian mereka
menggunkan bahasa isyarat. Dari ilustrasi di atas, bahasa termasuk
komunikasi.....
A. Verbal
B. Nonverbal
C. Inverbal
D. Sistimatik
36. Seorang bayi mulai berinteraksi dengan mengeluarkan bunyi-bunyi yang tidak
beraturan ketika diperlihatkan sebuah maianan dan diajak bicara. Seorang ibu
seringkali memberi kesempatan kepada bayi untuk ikut dalam komunikasi sosial
dengannya. Bayi mengangkat-angkat badannya seolah-olah memberi tanda untuk
minta digendong. Ketika itulah bayi pertama kali mengenal sosialisasi dan
merasakan bahwa dunia ini tempat orang saling berbagi rasa. Proses anak mulai
mengenal komunikasi dengan lingkungannya secara verbal disebut dengan....
A. Pemerolehan bahasa
B. Pemerolehan isyarat anak
C. Pemecahan bahasa anak
D. Karakteristik anak
37. Penggunaan huruf kapital di bawah ini yang benar adalah....
A. “kapan bapak berangkat?” tanya dirman
B. Presiden jokowi berkunjung ke blora.
C. Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke
Roma
D. teluk bone sungguh indah dan mengagumkan.
38. Bahasa Indonesia Baku adalah bahasa Indonesia yang mengikuti kaidah atau
pola bahasa Indonesia yang sedang berlaku.
Penggunaan huruf miring pada kalimat di atas digunakan untuk....
A. Menulis judul buku
B. Menjelaskan atau
mengkhususkan huruf, bagian kata, atau kelompok kata
C. Menuliskan kata nama-nama ilmiah
D. Menuliskan nama majalah
39. Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai suku dengan bahasa yang
berbeda-beda, maka akan sulit berkomunikai kecuali ada satu bahasa pokok yang
digunakan. Maka dari itu digunakanlah Bahasa Indonesia. Hal ini Bahasa
Indonesia memiliki kedudukan dan fungsi....
A. Sebagai lambang kebanggaan kebangsaan
B. Sebagai alat pemersatu bangsa
C. Sebagai alat
perhubungan
D. Sebagai lambang identitas nasional
40. Untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan segala hal dalam konteks
pendidikan digunakanlah Bahasa Indonesia. Hal tersebut merupakan fungsi Bahasa
Indonesia sebagai....
A. Alat perhubungan tingkat nasional
B. Alat pengembangan kebudayaan dan IPTEK nasional
C. Bahasa yang digunakan dalam peristiwa kenegaraan
D. Bahasa pengantar
di lembaga pendidikan
41. Model pembelajaran yang cocok
dengan mata pelajaran matematika adalah....
A. Model Inquiry
Learning
B. Model Discovery Learning
C. Model Problem Based Learning
D. Model Project Based Learning
42. Teman-teman, pernah punya pengalaman seperti Fikri, nggak? Sewaktu dia
bermain di sungai bersama teman-temannya, dia mnginjak batu sungai yang licin.
Akibatnya dia terpeleset dan byuurrr... jatuh deh ke sungai. Waah... asyik, ya,
bermain di sungai. Eh, teman-teman tahu nggak, mengapa batu di sungai halus dan
licin sedangkan batu-batu di darat banyak yang kasar? Begini penjelasannya,
simak ya....
Dalam bacaan di atas menggunakan ragam bahasa....
A. Resmi
B. Baku
C. Tidak baku
D. Daerah
43. Peggunaan tanda baca yamg benar dibawah ini adalah ............
A. Kita sekarang memerlukan meja. kursi. dan lemari.
B. Kita, sekarang memerlukan meja, kursi, dan lemari !
C. Kita sekarang
memerlukan meja, kursi dan lemari.
D. Kita sekarang memerlukan meja kursi dan lemari ?
44. Menyimak sebagai sebuah keterampilan berbahasa , Karena .........
A. Menyimak sambil melakukan aktivitas lain tidak mampu menanggapi secara tepat
B. Menyimak sambil
melakukan aktifitas lain mampu menanggapi secara tepat
C. Membaca sambil menyimak mampu menangkap pembicaraan secara benar
D. Menyimak sambil menyanyi , ternyata dapat menanggapi secara tepat
45. Dalam pembelajaran membaca permulaan, ada beberapa metode yang dapat
digunakan kecuali ............
A. Metode Kupas rangkai suku kata
B. Metode kata lembaga
C. Metode SAS
D. Metode Cerita
46. Berikut diberikan studi kasus :
Mula – mula diberikan kalimat secara keseluruhan. Kalimat itu diuraikan atas
kata – kata yang mendukungnya. Dari kata – kata itu kita ceraikan atas suku –
suku katanya dan akhirnya atas huruf – hurufnya.Kemudian huruf – huruf itu kita
sintetiskan kembali menjadi suku kata, suku kata menjadi kata dan kata menjadi
kalimat. Berdasarkan studi kasus metode membaca permulaan yang tepat digunakan
adalah .........
A. Metode Alfabet
B. Metode Suku Kata
C. Metode SAS
D. Metode Cerita
47. Memilihberbagai metode menulis permulaan
1). Menulis permulaan
2). Merangkaikan huruf lepas menjadi suku kata
3). Merangkaikan suku kata menjadi kata
4). Menyusun kata menjadi kalimat
Tahapan diatas adalah teknik menulis permulaan dengan metode ............
A. Metode Eja
B. Metode Kata Lembaga
C. Metode SAS
D. Metode Global
48. Merancang berbagai kegiatan menulis di kelas tinggi
Berikut adaah kegiatan menulis lanjutan di kelas tinggi,kecuali....
A. Menulis tentang berbagai topik
B. Menulis pengumuman
C. Menulis pantun
D. Menulis memo
49. Kegiatan mementaskan lakon atau cerita biasanya guru dan siswa mempersiapka
naskah dan skenario,perilaku dan perlengkapan.kegiatan tersbut mengekpesikan
perasaan dan pikiran siswa dalam bentuk bahasa lisan.hal tersebut termasuk
hakekat berbicara jenis.....
A. Bercerita
B. Cerita berantai
C. Bermain peran
D. Dramatisasi
50. 1) Warna batunya merah menyala seperti api, bila terkena sinar matahari
akan menyilaukan mata.
2. Ayah memiliki batu akik yang sangat-sangat ia sukai.
3. Batu akik ini sungguh ajaib karena seakan menyala saat lampu mati.
4. Tidak salah jika Ayah sangat suka dengan batu akiknya ini.
Urutan kalimat-kalimat di atas agar menjadi paragraf yang padu adalah ...
A. 1 – 4 – 2 – 3
B. 1 – 3 – 2 – 4
C. 2 – 1 – 3 – 4
D. 2 – 3 – 4 – 1
51. Hakekat karya sastra apapun bentuknya tetap sama yakni .....
A. Pengalaman
kemanusiaan dalam segala wujud dan dimensinya.
B. Pengalaman kemanusiaan dalam segala wujud dan waktunya.
C. Pengalaman kemanusiaan dalam segala hal.
D. Pengalaman kemanusiaan dalam segala aspek kehidupan.
52. Sastra Indonesia terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu ...
A. Puisi, prosa, sajak
B. Puisi, pantun, drama
C. Puisi, prosa, drama
D. Puisi, drama, sajak
53. Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi
Sekarang petang datang membayang ( ... )
Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi diatas yaitu ...
A. Batang usiaku
sudah tinggi
B. Aku telah menjelang ajal
C. Aku lalai di hari pagi
D. Akhh, untuk apa ku sesalkan
54. Pada suatu pagi, beberapa anak burung berkumpul di tengah hutan sambil
bergurau. Mereka adalah burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, Burung
Elang, dan Burung Gereja.
Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang memamekan diri
kepada Burung Gereja. Burung Merak memamerkan bulunya yang indah. Burung Beo
memarkan suaranya yang indah. Burung Murai Batu memamerkan kicauannya yang
merdu. Burung Elang memamerkan kegagahannya.
Burung Gereja sedih. Tak ada dalam dirinya yang bisa dibanggakan. Bulunya tidak
indah. Suaranya juga tidak merdu. Badannya pun tidak gagah. Lalu,
burung Gereja pulang ke rumah dan bertemu dengan ibunya. Ia menceritakan
kesedihannya. Ibu burung Gereja menghibur anaknya.
Suatu hari, burung Gereja berjalan-jalan ke hutan. Ia ingin sekali menemui
teman- temannya. Tetapi tidak satupun temannya yang terlihat. Ia lalu berjalan ke
tepi hutan. Di tempat Pak Tani, Burung Gereja melihat Burung Merak, Burung Beo,
Burung Murai Batu, dan Burung Elang dalam perangkap Pak Tani. Mereka bercerita
hendak dijual ke kota. Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung
Elang sedih. Mereka menyesali kesombongannya.
Amanat yang dapat kita petik dari cerita tersebut adalah ...
A. Kita tidak boleh
menyombongkan kelebihan yang kita miliki.
B. Kita tidak boleh memamerkan kekurangan kita.
C. Kesabaran dan ketabahan hati akan mendatangkan kebaikan.
D. Kita harus membanggakan diri sendiri supaya percaya diri.
55. Perhatikan cuplikan dialog berikut !
Bu guru : “ Ibu mint kalian berdua jujur ! Kenapa isi tugas kalian bisa sama
persis, bahkan titik dan komanya sekalipun “
Aline : “ Saya mengerjakan karya tulis itu sendiri bu.” Chelsea : “ Saya juga
mengerjakan karya tulus saya sendiri.”
Bu guru : ” Lalu, bagaimana dengan ulangan tadi. Mengapa isi dari jawaban
ulangan kalian tidak sama dengan isi karya tulis kalian? Bisa menjelaskan ke
ibu?
( lama Aline dan Chelsea terdiam )
Bu guru : “ Baiklah kalau kalian tidak
mau mengaku, ibu anggap kalian tidak mengerjakan
tugas karya tulis dan tidak mengikuti ulangan tadi.”
Karakter Bu Guru dalam drama di atas adalah ...
A. Galak
B. Tegas
C. Pemaaf
D. Bijaksana
56. Berapakah FPB dan KPK dari 126 dan 198 ...
A. 9 dan 1386
B. 18 dan 1386
C. 18 dan 1368
D. 9 dan 1368
57. Diketahui fungsi f : dan fungsi f ditentukan dengan rumus f (x) = x2 + 1,
jika f (a) = 10, hitunglah nilai a yang mungkin.
A. a = 3 atau a =-3
B. a =-3 atau a = 3
C. a =-3 atau a =-3
D. a = 3 atau a = 3
58. C
59. Harga 2 koper dan 5 tas adalah Rp 600.000,00, sedangkan harga 3 koper dan 2
tas adalah Rp 570.000,00. Harga sebuah koper dan tas adalah ...
A. Rp 240.000,00
B. Rp 270.000,00
C. Rp 330.000,00
D. Rp 390.000,00
60. Jumlah dua buah bilangan sama dengan 20. Jika hasil kali kedua bilangan itu
sama dengan 75, maka bilangan-bilangan tersebut adalah ...
A. 4 dan 16
B. 5 dan 15
C. 6 dan 14
D. 8 dan 12
61. Nugraha membeli 3kg jeruk dan 2kg
jambu dan ia harus membayar Rp. 16.000 sedangkan Dewi membeli 6kg mangga dan
1kg jambu dengan harga Rp. 26.000. Berapakah harga 10kg jeruk dan 5kg?
A. Rp. 30.000
B. Rp. 32.000
C. Rp. 40.000
62.
JIka besar sudut a adalah 70 derajat maka besar sudut e adalah … derajat
A. 90
B. 100
C. 110
D. 120
63. Perhatikan sifat-sifat bangun datar berikut !
1. mempunyai dua pasang sisi yang sama panjang
2. mempunyai diagonal yang saling tegak lurus
3. mempunyai sudut siku-siku
4. mempunyai 2 pasang sisi sejajar
5. mempunyai sepasang sudut sama besar
Dari sifat-sifat di atas yang merupakan sifat laying-layang adalah ….
A. 1), 2), 3)
B. 1), 3), 4)
C. 1), 3), 5)
D. 1), 2), 5)
64. Hasil pencerminan terhadap garis x dari bangun di bawah ini adalah ….
B
65. Novi mengendarai mobil dari Kota Semarang menuju Blora dengan kecepatan 40
km/jam, sedangkan Ima mengendarai mobil dari Blora menuju Semarang dengan
kecepatan 60 km/jam. Jika jarak Kota Semarang dengan Blora adalah 125 km dan
mereka
berangkat pada pukul 07.00 maka pada pukul berapa mereka akan berpapasan?
A. 08.00
B. 08.15
C. 08.25
D. 08.30
66. Data nilai siswa kelas VI berturut turut adalah 8, 7, 6, 5, 6, 7, 8, 9, 10,
7. Dari data tersebut berapakah mediannya?
A. 8
B. 7,5
C. 7
D. 6,5
67. Bus Trans Jakarta berisi
penumpang berangkat dari terminal ke pasar, di halte pertama turun 4 orang, di
halte kedua naik 2 orang sampai di pasar ternyata ada 15 orang. Berapa banyak
penumpang yang naik pada terminal?
A.17
B.15
C.13
D.11
68. Suatu lapangan berbentuk persegi panjang dengan luas 120 m2. Panjang
lapangan tersebut adalag 12 m. Berapakah kelilingnya?
A. 22 m
B. 24 m
C. 42 m
D. 44 m
69. Suku ke-4 dan suku ke-9 suatu barisan aritmatika berturut-turut adalah 110
dan 150. Suku ke 30 barisan tersebut adalah ….
A.308
B.318
C.326
D.344
70. Bonus, jawabannya A
71. Menerapkan pengetahuan, konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya
dalam konteks materi Geometri. Dari barisan geometri diketahui bahwa U3 = 4 dan
U9 = 256, maka tentukan U12!
A. 2048
C. 2047
B. 2049
D. 2046
72. Menerapkan pengetahuan
konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam konteks materi
pengukuran. Sebuah bak mandi diisi air mulai pukul 07.20 sampai dengan pukul
07.50 dengan debit air 10 liter/menit. Berapa liter volume air dalam bak mandi
tersebut?
A. 3000 liter
B. 300 liter
C. 30 liter
D. 30000 liter
73. Menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya
dalam konteks materi Statistika. Nilai rata-rata ulangan matematika dari 7
siswa adalah 6,50. Ketika nilai satu orang siswa ditambahkan, maka rata-ratanya
menjadi 6,70. Nilai siswa yang ditambahkan adalah ….
A. 9,10
B. 8,10
C. 7,10
D. 6,10
74. Menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya
dalam konteks materi Logika/Penalaran Matematika. Dari pernyataan berikut ini,
manakah yang merupakan ingkaran dari pernyataan Jakarta Ibukota RI.
A. Jakarta bukan
ibukota RI
B. Jakarta adalah ibukota RI
C. Benar bahwa Jakarta Ibukota Jakarta
D. Benar bahwa Jakarta bukan Ibu kota dari RI
75. Menentukan alat peraga dalam pembelajaran bilangan. Bu Ani ingin
mengajarkan kepada anak – anak kelas 1 tentang nilai tempat suatu bilangan
(satuan, puluhan, ratusan, dan ribuan), Media yang tepat digunakan Bu Ani dalam
Pembelajaran tersebut adalah…
A. Kartu bilangan
B. Blok dienes
C. Loncat katak
D. Papan berpaku
76. Mengklasifikasikan alat peraga dalam pembelajaran Geometri dan pengukuran
Pak Arief ingin mengajarkan cara mengukur luas halaman sekolah dengan satuan
meter. Alat peraga yang sebaiknya digunakan supaya pembelajaran menarik adalah…
A. Pita garis
bilangan, mistar, tangga garis
B. Blok dienes, mistar, pita garis bilangan
C. Mistar, uang logam, blok dienes
D. Tangga garis, blok dienes, tangga garis
77. Menentukan alat ukur dalam pembelajaran geometri dan pengukuran
Ketidakpastian yang ada pada pengukuran tunggal ditetapkan sama dengan setengah
skala terkecil dari alat ukur yang digunakan.Jika kita menggunakan mistar atau
penggaris, maka ketidakpastiannya adalah sama dengan….
A. 0,05 cm
C. 0,1 cm
B. 0,01 cm
D. 1 cm
78. Memecahkan Pembelajaran IPS SD (diberikan kasus dalam pembelajaran, peserta
dapat menyimpulkan pembelajaran dalam kasus tersebut.
Bu,fitri adalah guru SD Negeri 2 Sukamakmur,mengajar dikelas Beliau memberikan
pelajaran IPS,dengan materi “ Menceritakan Pengalaman Diri. Sebelum memulai
pelajaran, anak – anakberbaris didepankelas,kemudian diperiksa kebersihannya,
terutama kuku tangandantelinga.Sambil diperiksa anak masuk kedalam kelas satu
persatu. Anak- anakdiajak berdoadan kemudian mengucapkan salam.
Sebelum memberikan materi, memberi motivasi kepada anak, saya bertanya “siapa
tadi yangtidak mandi” anak – anak terdiam. Mari kita nyanyikan lagu bangun
tidur kuterus mandi,tidak lupa menggosokgigi, habis mandi kutolong ibu,
membersihkan tempat tidurku. Kesimpulan dari pembelajaran IPS yang dilakukan bu
Fitri adalah
A. Guru kurang memotivasi anak dalam pembelajaran
B. Guru mengajak siswa bernyanyi untuk memotivasi anak
C. Anak – anak hanya
diam saja saat diberi pertanyaan dalam pembelajaran karena guru kurang
memotivasi anak
D. Guru memberikan motivasi kepada siswa dalam pembelajaran
79. Menegaskan Fokus utama kajian pembelajaran IPS diSD (diberikan kasus contoh
Hari selasa, saat pelajaran IPS pak Sunarto akan memberikan materi pada anak-
anak tentang silsilah keluarga. Waktu pelajaran adalah 2 x 35 menit.
Setelah mengutarakan tujuan yang akan dibahas hari ini, pak Sunarto mengajukan
pertanyaan pada para siswa untuk mengawali pelajaran.
“ Anak- anak tentunya kalian mempunyai keluaga di rumahkan,,?” “ iya pak,
punya.” Jawab semua siswa serentak.
“ Coba kalian sebutkan siapa saja
yang dirumah kalian yang masuk dalam
anggota keluarga !”
“ Ada ayah, ibu, adik, kakak, kakek, nenek” Jawab para siswa bersahut- sahutan.
Kemudian pak Sunarto menempelkan bagan dan foto silsilah keluarga. Anak- anak
mengamati sambil menyimak penjelasam dari pak sunarto. Sesekali pak sunarto
melemparkan pertanyaan kepada siswa dan pertanyaan dijawab dengan benar. Pak
Sunarto mengakhiri penjelasan dengan memberikan pertanyaan pada siswa “
apakah kalian sudah mengerti semua tentang silsilah keluarga yang sudah
bapak jelaskan,,?” Tanya pak Sunarto.
“ Sudah pak”, jawab anak- anak serentak.
“ kalau masih ada yang kurang jelas atau bingung, anak- anak boleh bertanya ” “
tiadak ada pak”, jawab anak- anak lagi secara serentak.
Pak sunarto memberikan tugas kepada siswa agar dikerjakan sendiri- sendiri. Pak
sunarto yakin, pasti nialai anak- anak
memuaskan karena anak- anak berhasil
menjawab pertanyaan yang tadi di lemparkan. Tugas yang diberikan juga sama
dengan tugas yang di jelaskan pak sunarto, hanya saja diganti nama- nama pada
bagan silsilah keluarrga.
Setelah semuanya selesai, pekerjaaan di kumpulkan dan setelah di koreksi
ternyata hasilnya mengecewakan, hampir 60% siswa mendapatkan nilai hasil
evaluasinya di bawah rata- rata.
Apa kelemahan pembelajaran yang dilakukan pak sunarto, kecuali…..
A. Pemakaina metode pembelajaran terkesan masih bersifat Konvesional (ceramah
dan penugasan
B. Alat peraga kurang lengkap sehingga membingngungkan siswa
C. Penyampaian materi kurang jelas
D. Guru sudah
menyampaikan tujuan pembelajaran
80. Membedakan pengertian IPS dan Ilmu social
Apa perbedaan antara Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) dengan Ilmu Pengetahuan Sosial
(IPS) dilihat dari tujuannya (purposes) ?
A. Ilmu-Ilmu sosial menetapkan kebenaran Ilmiah sebagai focus tujuanya,
sedangkan pada Ilmu Pengetahuan Sosial mengarah pada penanaman BASK (Behavior,
attitude, Skill, dan Knowledge).
B. Ilmu Pengetahuan Sosial menetapkan kebenaran Ilmiah sebagai focus tujuanya,
sedangkan pada Ilmu-Ilmu sosial mengarah pada penanaman BASK (Behavior,
attitude, Skill, dan Knowledge).
C. Ilmu-Ilmu Sosial adalah bersifat disipliner sesuai dengan kehidupan yang
menjadi obyek studi berdasrkan bidang Ilmu masing-masing, sedangkan pada
pendekatan Ilmu Pengetahuan Sosial bersifat intensdisipliner
D. Ilmu-Ilmu Sosial
(IIS) diberikan di tingkat perguruan tinggi/universitas, sedang Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS) diberikan di tingkat sekolah.
81. Mengurutkan ruang lingkup
pembelajaran IPS SD
Ruang lingkup pembelajaran IPS SD yaitu. . .
A. Masyarakat, Norma, Budaya, Waktu
B. Manusia, Waktu,
Sistem Sosial dan Budaya, Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan
C. Manusia, Kerja, Nilai dan Norma, Peningkatan Kesejahteraan
D. Masyarakat, Kerja, Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan, Waktu
82. Mengklasifikasikan tujuan IPS dalam pembelajaran di SD
Apa tujuan IPS dalam pembelajaran di SD?
A. Menolongsiswauntukmengembangkanbakatnya
B. Membantu siswa dalam menentukan cita-cita yang ingin diraihnya di masa
mendatang
C. Menyediakankesempatankepadasiswauntukberekspresi lingkungan masyarakat
D. Memberikan kepada
Siswa pengetahuan tentang pengalaman manusia dalam kehidupan ber masyarakat
pada masa lalu, sekarang dan masa akan datang
83. Menganalisis nilai kegunaan mempelajari sejarah bagi siswa.
Bagi siswa mempelajari sejarah memiliki beberapa manfaat. Berikut yang bukan
merupakan manfaat mempelajari sejarah bagi siswa yaitu. . .
A. Membangun kesadaran peserta didik tentang
pentingnya waktu dan tempat yang merupakan proses dari
masa lampau, masa kini, dan masa depan
B. Menumbuhkan
pemahaman peserta didik terhadap landasan
sikap yang akan ditempuhnya
C. Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar
dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah dan metodologi keilmuan
D. Menumbuhkan apresisasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan
sejarah sebagai bukti peradaban bangsa Indonesia di masa lampau
84. Mengurutkan perkembangaran sejarah di Indonesia.
Bagaimana keadaan Indonesia setelah adanya perjanjian KMB?
A. Indonesia terbagi menjadi 8 provinsi
B. Ibukota negara Indonesia dipindahkan ke Yogyakarta
C. Indonesia menjadi
negara serikat (RIS)
D. Irian Barat berintegrasi dengan Indonesia
85. Menjelaskan hubungan pembelajaran sejarah dengan antropologi. (diberikan
soal kasus)
Antropologi sebagai salah satu dari ilmu sosial memiliki kaitan dan sumbangan
kepada ilmu sejarah begitu juga sebaliknya. Dalam penulisan sejarah, sejarawan
tidak jarang menggunakan teori dan konsep antropologi. Berikut konsep
antropologi yang sering digunakan sejarawan, kecuali. . .
A. enkulturasi
B. primitif
C. folklore
D. prasasti
86. Menemukan makna Bhineka Tunggal Ikka dalam kehidupan sehari-hari.
Eko adalah siswa kelas V SD Bumi Pertiwi. Pada suatu hari Pak Guru membagi
kelas menjadi beberapa kelompok. Eko mendapat kelompok dengan Togar, Lusi,
Intan dan Rully. Bagaiman sebaiknya sikap Eko?
A. Eko bersedia satu kelompok dengan Togar karena Togar orang Batak sedangkan
di orang Jawa
B. Eko tidak bersedia satu kelompok dengan Rully karena Rully bukan teman
dekatnya
C. Eko bersedia berkelompok dengan mereka karena mereka semua pandai
D. Eko bersedia
berkelompok dengan siapun karena semua adalah teman
87. Menggali pengalaman butir-butir Pancasila.
Mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana
kekeluargaan dan kegotongroyongan, merupakan pengalaman Pancasila sila ke- . . .
A. Satu
B. Dua
C. Tiga
D. Lima
88. Mengemukakan suku bangsa yang ada di Indonesia.(diberikan kasus salah satu
suku bangsa di Indonesia).
Bangsa Indonesia memiliki ratusan suku bangsa beserta adat dan budayanya.
Masing- masing suku mempunyai keunikan tersendiri yang merupakan kekayaan
budaya nasional. Berikutciri-ciri salah satu suku yang ada di pulauJawa :
- Tidak diperkenankan menggunakan kendaraan untuk sarana transportasi
- Tidak diperkenankan menggunakan alas kaki
- Larangan menggunakan alat elektronik
- Pintu rumah harus menghadap utara/selatan Suku tersebutadalah. . .
A. Suku Asmat
B. Suku Bugis
C. Buku Badui
D. Suku Dayak
89. Membuktikan potensi sumber daya alam di Indonesia. (diberikan soal kasus)
Negara Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah, salah satunya yaitu
timah. Daerah yang menghasilkan lebih dari 20% produksi timah putih dunia
adalah . . .
A. Pulau Bangka,
Belitung, dan Singkep
B. Kepulauan Natuna
C. Pulau Bali, Lombok, Nusa Penida
D. Pulau Kalimantan
90. Merencanakan penggunaan ICT dalam pembelajaran IPS SD
Pada pemebelajaran IPS kelas V dengan materi Perjuangan Bangas Indonesia
Melawan Penjajah, Pak Ridwan ingin menyajikan pemebelajaran yang menyenangkan
dan mudah diingat serta dimengerti oleh anak didiknya. Media apa yang harus
digunakan pak Ridwan?
A. Video
B. Slide
C. Corel draw
D. Radio
91. Mempelajari sejarah setiap masyarakat menjadi lebih baik. Pernyataan
tersebut adalah manfaat mempelajari sejarah dalam hal ...
A. Sejarah dapat memberikan kesenangan dan kegembiraan
B. Sejarah dapat
digunakan sebagai pedoman bagi suatu bangsa
C. Sejarah dapat dijadikan sebagai profesi
D. Sejarah dapat mengetahui kejadian masa lampau
92. Apakah persamaan hubungan antara sejarah dengan antropologi..
A. Menempatkan
manusia sebagai subyek dan obyek dalam kajiannya
B. Keduanya menunjukkan proses yang mencakup keterlibatan para pelaku
C. Terlibat dalam faktor-faktor eksternal yang bersifat sosiologis
D. Berorientasi terhadap pandangan hidup para pelakunya
93. Negara Kesatuan Republik Indonesia terdiri atas beraneka ragam budaya,
bahasa, ras, agama, dan kepercayaan. Yang semuanya diikat dalam satu pedoman
Bhinneka Tunggal Ikan dengan lambang negara Garuda Pancasila. Kedua hal
tersebut diatur dalam Undang- Undang Negara nomor..
A. UU no 15 tahun 2006
B. UU no 17 tahun 2006
C. UU no 24 tahun 2009
D. UU no 38 tahun 2009
94. Kekayaan sumber daya alam Indonesia telah dimanfaatkan untuk memenuhi
kebutuhan bangsa Indonesia. Sebagian lainnya masih berupa potensi yang belum
dimanfaatkan karena berbagai keterbatasan.
Sesuai perkembangan jaman langkah yang tepat bagi kita untuk mengolah potensi
sumber daya yang ada yaitu...
A. Mengolah sumber daya yang ada dengan mendatangkan tenaga kerja asing
B. Mengekspor sumber daya yang masih berupa bahan mentah
C. Mengirim tenaga
kerja Indonesia ke luar negeri untuk mendapatkan pembelajaran dan pelatihan
D. Mengelola sumber daya yang ada dengan teknologi canggih
95. Lingkungan di sekitar kita terbagi atas 2 macam yaitu lingkungan alam dan
lingkungan buatan. Dimana keduanya memiliki manfaat dan tujuan yang sama
yaitu...
A. Untuk memenuhi
kebutuhan manusia
B. Melestarikan lingkungan masyarakat
C. Sebagai sumber pengetahuan dan teknologi
D. Sebagai sumber kekayaan alam
96. Dibawah ini yang bukan termasuk gejala alam biotik yaitu...
A. Metamorfosis
B. Fotosintesis
C. Penyerbukan
D. Erosi
97. Metamorfosis adalah suatu proses perkembangan biologi pada hewan yang
melibatkan perubahan penampilan fisik setelah kelahiran atau penetasan. Dibawah
ini adalah contoh serangga yang tidak mengalami metamorfosis yaitu...
A. Belalang
B. Nyamuk
C. Lalat
D. Semut
98. Katak mengalami metamorfosis sempurna. Dalam perkembangannya pada fase
berudu, bernapas menggunakan...
A. Trakhea
B. Paru-paru
C. Insang
D. Kulit
99. Untuk menjaga kelestarian lingkungan salah satunya adalah dengan melakukan
reboisasi atau penghijauan dengan tujuan...
A. Memperindah susunan kota
B. Menjaga tanah dan
mencegah erosi
C. Memperoleh kayu yang berlimpah
D. Meningkatkan pendapatan
100. Limbah atau sampah terpisah menjadi sampah basah dan sampah kering. Hal
yang paling tepat untuk mengatasi limbah sampah kering adalah...
A. Dibakar habis
B. Di daur ulang
C. Dikubur didalam tanah
D. Dibiarkan ditempat terbuka
0 Comments