Daftar Konten
1. 1. Identitas
2. 2. Profil
Pelajar Pancasila
3. 3. Capaian
Pembelajaran
4. 4. Tujuan
Pembelajaran
5. 5. Pertanyaan
Pemantik
6. 6. Sarana
dan Prasarana
7. 7. Karaakter
Peserta Didik
8. 8. Materi
Pembelajaran
9. 9. Kegiatan
Pembelajaran
9.1.
Pertemuan 1. Pengenalan Jaringan Kabel dan Nirkabel
9.2. Pertemuan 2. Parawatan dan Perbaikan Jaringan Kabel dan Nirkabel
9.3. Pertemuan 3. Standar Jaringan Nirkabel
9.4. Pertemuan 4. Teknologi Jaringan
Nirkabel Indoor dan Outdoor
9.5. Pertemuan 5. Pengenalan Layanan
Voice over IP (VoIP)
9.6. Pertemuan 6. Konfigurasi Layanan
Voice over IP (VoIP)
9.7. Pertemuan 7. Pengenalan Jaringan
Fiber Optic
9.8. Pertemuan 8. Jenis-jenis Kabel
Fiber Optic
9.9. Pertemuan 9. Penerapan Alat Kerja
dan Sambungan Fiber Optic
9.10.
Pertemuan 10. Perbaikan Jaringan Fiber
Optic
9.11. Pertemuan 11. Evaluasi dan Penilaian
10. Penilaian
Identitas
Nama Penyusun : Romi
Haryana Usman, S.Kom
Instansi : SMKN 1
Rengasdengklok
Jenjang/Kelas : SMK / XI
Konsentrasi keahlian :
Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi
Mapel : Teknologi
Jaringan Kabel dan Nirkabel
Alokasi Waktu : 24 JP (6
x 45 menit)
Fase : F
Kode : TJKN
Mode : Tatap Muka (Luring)
Profil Pelajar Pancasila
Beriman dan bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berakhlak Mulia, Mandiri, Bernalar Kritis, Kreatif
Capaian Pembelajaran
Pada akhir fase F, peserta
didik mampu menginstalasi jaringan kabel dan nirkabel, melakukan perawatan dan
perbaikan jaringan kabel dan nirkabel, memahami standar jaringan nirkabel,
memilih teknologi jaringan nirkabel indoor dan outdoor sesuai kebutuhan,
melakukan instalasi perangkat jaringan nirkabel, menguji instalasi perangkat
jaringan nirkabel, menjelaskan konsep layanan Voice over IP (VoIP),
mengkonfigurasi layanan Voice over IP (VoIP), memahami jaringan fiber optic,
memahami jenis-jenis kabel fiber optic, memilih kabel fiber optic, menerapkan
fungsi alat kerja fiber optic, menggunakan alat kerja fiber optic, melakukan
sambungan fiber optic, dan melakukan perbaikan jaringan fiber optic.
Tujuan Pembelajaran
Menginstalasi jaringan
kabel dan nirkabel:
a. Memahami prinsip dasar instalasi jaringan kabel dan nirkabel.
b. Mengidentifikasi komponen yang diperlukan untuk instalasi jaringan kabel dan
nirkabel.
c. Menginstalasi jaringan kabel dengan benar, termasuk memasang kabel,
konektor, dan outlet.
d. Menginstalasi jaringan nirkabel dengan benar, termasuk mengonfigurasi router
dan akses poin.
Melakukan perawatan dan
perbaikan jaringan kabel dan nirkabel:
a. Memahami prinsip dasar perawatan jaringan kabel dan nirkabel.
b. Melakukan pemeriksaan rutin terhadap jaringan kabel dan nirkabel untuk
mengidentifikasi masalah potensial.
c. Melakukan perbaikan jaringan kabel dan nirkabel dengan memperbaiki kabel
yang rusak, mengganti perangkat yang bermasalah, dll.
Memahami standar
jaringan nirkabel:
a. Menjelaskan standar jaringan nirkabel seperti IEEE 802.11ac, 802.11n, dsb.
b. Memahami perbedaan antara standar jaringan nirkabel yang berbeda dan
keuntungan masing-masing.
Memilih teknologi
jaringan nirkabel indoor dan outdoor sesuai kebutuhan:
a. Menganalisis kebutuhan jaringan nirkabel indoor dan outdoor berdasarkan
lingkungan dan keperluan.
b. Memilih teknologi jaringan nirkabel yang sesuai, seperti Wi-Fi, WiMAX, dsb.,
untuk penggunaan dalam ruangan dan luar ruangan.
Melakukan instalasi
perangkat jaringan nirkabel:
a. Memasang dan mengkonfigurasi perangkat jaringan nirkabel, seperti router,
akses poin, dan penguat sinyal.
b. Memastikan pengaturan dan koneksi yang tepat untuk membangun jaringan
nirkabel yang stabil dan aman.
Menguji instalasi
perangkat jaringan nirkabel:
a. Melakukan pengujian terhadap jaringan nirkabel yang diinstal untuk
memastikan kinerja yang baik.
b. Mengidentifikasi dan memperbaiki masalah yang mungkin terjadi selama
pengujian.
Menjelaskan konsep
layanan Voice over IP (VoIP):
a. Mengerti konsep dasar dan prinsip kerja Voice over IP (VoIP).
b. Memahami manfaat dan kelemahan menggunakan layanan VoIP dibandingkan dengan
telepon tradisional.
Mengkonfigurasi layanan
Voice over IP (VoIP):
a. Mengkonfigurasi perangkat dan perangkat lunak yang diperlukan untuk
mengimplementasikan layanan VoIP.
b. Memahami protokol VoIP seperti SIP (Session Initiation Protocol) dan RTP
(Real-time Transport Protocol) untuk mengatur dan mengirim suara melalui
jaringan.
Memahami jaringan fiber
optic:
a. Menjelaskan prinsip dasar jaringan fiber optic.
b. Memahami keuntungan dan keterbatasan penggunaan kabel serat optik.
Memahami jenis-jenis
kabel fiber optic:
a. Mengidentifikasi jenis-jenis kabel fiber optic seperti single-mode dan
multi-mode.
b. Memahami perbedaan antara jenis-jenis kabel fiber optic dan penerapannya
yang sesuai.
Memilih kabel fiber
optic:
a. Menganalisis kebutuhan jaringan dan aplikasi untuk memilih kabel fiber optic
yang tepat.
b. Memilih kabel serat optik dengan kualitas dan spesifikasi yang sesuai.
Menerapkan fungsi alat
kerja fiber optic:
a. Menggunakan alat kerja fiber optic, seperti penyebaran serat, pembersih
serat, pemutus serat, dan splicer serat, dengan benar sesuai dengan fungsi
masing-masing.
Menggunakan alat kerja
fiber optic:
a. Mengoperasikan alat kerja fiber optic dengan aman dan efektif.
b. Menghindari kerusakan pada serat optik saat menggunakan alat kerja.
Melakukan sambungan
fiber optic:
a. Mengikuti prosedur yang benar untuk melakukan sambungan serat optik, baik
mekanik maupun fusion splicing.
b. Memastikan sambungan serat optik yang stabil dan memiliki kehilangan sinyal
yang minimal.
Melakukan perbaikan
jaringan fiber optic:
a. Mengidentifikasi masalah yang terjadi pada jaringan fiber optic.
b. Melakukan perbaikan pada kabel serat optik yang rusak atau sambungan yang
bermasalah.
Pertanyaan Pemantik
1. Apa perbedaan antara
jaringan kabel dan jaringan nirkabel? Bagaimana cara instalasi dan konfigurasi
keduanya berbeda?
2. Mengapa penting bagi
organisasi atau perusahaan untuk memahami dan memilih standar jaringan nirkabel
yang sesuai? Berikan contoh standar jaringan nirkabel yang umum digunakan dan
jelaskan keuntungan masing-masing.
3. Apa saja faktor yang
perlu dipertimbangkan saat memilih teknologi jaringan nirkabel indoor atau
outdoor? Berikan contoh situasi di mana masing-masing teknologi lebih cocok
digunakan.
Catatan:
Pertanyaan-pertanyaan ini dapat disesuaikan dengan tingkat pemahaman dan
kebutuhan kelas yang spesifik.
Sarana dan Prasarana
Bahan : Modul ajar dan
video tutorial
Alat : Laptop /
komputer, HP, jaringan internet
Media Aplikasi :
Whatsapp, youtube
Karakter Peserta Didik
Peserta didik reguler /
tipikal
Kata Kunci
Topologi, ip address,
CIDR
Materi Pembelajaran
Pertemuan 1: Pengenalan
Jaringan Kabel dan Nirkabel
– Definisi jaringan kabel dan jaringan nirkabel.
– Perbedaan antara jaringan kabel dan jaringan nirkabel.
– Komponen-komponen yang diperlukan untuk instalasi jaringan kabel dan
nirkabel.
– Prosedur instalasi jaringan kabel dengan benar.
– Konfigurasi router dan akses poin dalam jaringan nirkabel.
Pertemuan 2: Perawatan
dan Perbaikan Jaringan Kabel dan Nirkabel
– Prinsip dasar perawatan jaringan kabel dan nirkabel.
– Pemeriksaan rutin jaringan kabel dan nirkabel untuk mengidentifikasi masalah
potensial.
– Perbaikan jaringan kabel dan nirkabel dengan memperbaiki kabel yang rusak,
mengganti perangkat yang bermasalah, dll.
Pertemuan 3: Standar
Jaringan Nirkabel
– Pengenalan standar jaringan nirkabel seperti IEEE 802.11ac, 802.11n, dsb.
– Perbedaan antara standar jaringan nirkabel yang berbeda dan keuntungan
masing-masing.
– Pemilihan standar jaringan nirkabel yang sesuai dengan kebutuhan dan
lingkungan.
Pertemuan 4: Teknologi
Jaringan Nirkabel Indoor dan Outdoor
– Analisis kebutuhan jaringan nirkabel indoor dan outdoor berdasarkan
lingkungan dan keperluan.
– Teknologi jaringan nirkabel yang cocok untuk penggunaan dalam ruangan dan
luar ruangan, seperti Wi-Fi, WiMAX, dsb.
– Instalasi perangkat jaringan nirkabel dalam lingkungan indoor dan outdoor.
Pertemuan 5: Pengenalan
Layanan Voice over IP (VoIP)
– Konsep dasar dan prinsip kerja Voice over IP (VoIP).
– Keuntungan dan kelemahan penggunaan layanan VoIP dibandingkan dengan telepon
tradisional.
Pertemuan 6: Konfigurasi
Layanan Voice over IP (VoIP)
– Konfigurasi perangkat dan perangkat lunak yang diperlukan untuk
mengimplementasikan layanan VoIP.
– Pengenalan protokol VoIP seperti SIP (Session Initiation Protocol) dan RTP
(Real-time Transport Protocol).
Pertemuan 7: Pengenalan
Jaringan Fiber Optic
– Prinsip dasar jaringan fiber optic.
– Keuntungan dan keterbatasan penggunaan kabel serat optik.
Pertemuan 8: Jenis-jenis
Kabel Fiber Optic
– Jenis-jenis kabel fiber optic, seperti single-mode dan multi-mode.
– Perbedaan antara jenis-jenis kabel fiber optic dan penerapannya yang sesuai.
Pertemuan 9: Pemilihan
Kabel Fiber Optic
– Analisis kebutuhan jaringan dan aplikasi untuk memilih kabel fiber optic yang
tepat.
– Pemilihan kabel serat optik dengan kualitas dan spesifikasi yang sesuai.
Pertemuan 10: Alat Kerja
dan Sambungan Fiber Optic
– Fungsi alat kerja fiber optic, seperti penyebaran serat, pembersih serat,
pemutus serat, dan splicer serat.
– Prosedur penggunaan alat kerja fiber optic dengan benar.
Pertemuan 11: Perbaikan
Jaringan Fiber Optic
– Identifikasi masalah yang terjadi pada jaringan fiber optic.
– Proses perbaikan pada kabel serat optik yang rusak atau sambungan yang
bermasalah.
Catatan: Materi
pembelajaran ini disesuaikan dengan tingkat pemahaman dan kebutuhan spesifik
dari siswa serta kurikulum yang digunakan.
Kegiatan pembelajaran
Langkah-langkah
Pembelajaran:
Pertemuan 1: Pengenalan
Jaringan Kabel dan Nirkabel
1. Pendahuluan (5
menit):
– Menjelaskan tujuan pembelajaran dan materi yang akan dipelajari pada
pertemuan ini.
2. Penjelasan Konsep (20
menit):
– Memberikan penjelasan tentang jaringan kabel dan jaringan nirkabel.
– Mengidentifikasi perbedaan antara keduanya.
3. Demonstrasi Instalasi
Jaringan Kabel (30 menit):
– Menunjukkan prosedur instalasi jaringan kabel secara praktis.
– Mempraktikkan langkah-langkah instalasi kabel, konektor, dan outlet.
4. Demonstrasi Instalasi
Jaringan Nirkabel (30 menit):
– Menunjukkan prosedur instalasi jaringan nirkabel secara praktis.
– Mengkonfigurasi router dan akses poin dalam jaringan nirkabel.
Pertemuan 2: Perawatan
dan Perbaikan Jaringan Kabel dan Nirkabel
1. Pendahuluan (5
menit):
– Mengulang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Penjelasan Konsep (15
menit):
– Menjelaskan prinsip dasar perawatan jaringan kabel dan nirkabel.
– Memahami pentingnya pemeriksaan rutin jaringan untuk mengidentifikasi
masalah.
3. Demonstrasi Perawatan
Jaringan (30 menit):
– Menunjukkan langkah-langkah perawatan jaringan kabel dan nirkabel.
– Mempraktikkan pemeriksaan rutin dan tindakan perbaikan sederhana.
4. Latihan Mandiri (20
menit):
– Memberikan latihan mandiri kepada siswa untuk melakukan pemeriksaan dan
perbaikan jaringan kabel dan nirkabel.
Pertemuan 3: Standar
Jaringan Nirkabel
1. Pendahuluan (5
menit):
– Mengingatkan siswa tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
2. Penjelasan Konsep (20
menit):
– Menjelaskan berbagai standar jaringan nirkabel seperti IEEE 802.11ac,
802.11n, dsb.
– Mengidentifikasi keuntungan dan kelemahan dari setiap standar.
3. Diskusi Kelompok (30
menit):
– Membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil.
– Setiap kelompok akan menganalisis kasus-kasus nyata dan memilih standar
jaringan nirkabel yang sesuai.
4. Presentasi Kelompok
(15 menit):
– Setiap kelompok mempresentasikan hasil analisis dan pemilihan standar
jaringan nirkabel yang mereka pilih.
Pertemuan 4: Teknologi
Jaringan Nirkabel Indoor dan Outdoor
1. Pendahuluan (5
menit):
– Mengingatkan siswa tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
2. Penjelasan Konsep (20
menit):
– Memahami kebutuhan jaringan nirkabel indoor dan outdoor berdasarkan
lingkungan dan keperluan.
– Mengidentifikasi teknologi jaringan nirkabel yang sesuai untuk penggunaan
dalam ruangan dan luar ruangan.
3. Demonstrasi Instalasi
Perangkat Jaringan (30 menit):
– Menunjukkan langkah-langkah instalasi perangkat jaringan nirkabel dalam
lingkungan indoor dan outdoor.
– Mempraktikkan konfigurasi perangkat jaringan nirkabel.
4. Latihan Praktis (15
menit):
– Memberikan latihan praktis kepada siswa untuk menginstalasi perangkat
jaringan nirkabel dalam lingkungan indoor dan outdoor.
Pertemuan 5: Pengenalan
Layanan Voice over IP (VoIP)
1. Pendahuluan (5
menit):
– Mengingatkan siswa tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Penjelasan Konsep (20
menit):
– Memahami konsep dasar dan prinsip kerja Voice over IP (VoIP).
– Menjelaskan keuntungan dan kelemahan penggunaan layanan VoIP dibandingkan
dengan telepon tradisional.
3. Diskusi Kelas (30
menit):
– Membahas pengalaman siswa menggunakan layanan VoIP dan mengeksplorasi potensi
penerapan layanan ini dalam berbagai lingkungan.
4. Latihan Simulasi (15
menit):
– Memberikan latihan simulasi kepada siswa untuk mengkonfigurasi layanan VoIP
menggunakan perangkat lunak simulasi.
Pertemuan 6: Konfigurasi
Layanan Voice over IP (VoIP)
1. Pendahuluan (5
menit):
– Mengingatkan siswa tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
2. Penjelasan Konsep (20
menit):
– Memahami konfigurasi perangkat dan perangkat lunak yang diperlukan untuk
mengimplementasikan layanan VoIP.
– Menjelaskan penggunaan protokol VoIP seperti SIP (Session Initiation
Protocol) dan RTP (Real-time Transport Protocol).
3. Demonstrasi
Konfigurasi (30 menit):
– Menunjukkan langkah-langkah konfigurasi layanan VoIP pada perangkat jaringan
yang sesuai.
– Mempraktikkan konfigurasi dasar layanan VoIP menggunakan perangkat simulasi.
4. Latihan Praktis (15
menit):
– Memberikan latihan praktis kepada siswa untuk mengkonfigurasi layanan VoIP
pada perangkat jaringan yang sesuai.
Pertemuan 7: Pengenalan
Jaringan Fiber Optic
1. Pendahuluan (5
menit):
– Mengingatkan siswa tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
2. Penjelasan Konsep (20
menit):
– Menjelaskan prinsip dasar jaringan fiber optic.
– Memahami keuntungan dan keterbatasan penggunaan kabel serat optik.
3. Demonstrasi
Penggunaan Fiber Optic (30 menit):
– Menunjukkan penggunaan kabel serat optik dalam jaringan komunikasi.
– Mempraktikkan penggunaan kabel serat optik dalam konteks pengiriman data.
4. Diskusi Kelas (15
menit):
– Membahas aplikasi nyata penggunaan jaringan fiber optic dalam berbagai
industri dan sektor.
Pertemuan 8: Jenis-jenis
Kabel Fiber Optic
1. Pendahuluan (5
menit):
– Mengingatkan siswa tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
2. Penjelasan Konsep (20
menit):
– Memahami berbagai jenis kabel fiber optic, seperti single-mode dan
multi-mode.
– Menganalisis perbedaan antara jenis-jenis kabel fiber optic dan penerapannya
yang sesuai.
3. Demonstrasi Pemilihan
Kabel (30 menit):
– Menunjukkan pemilihan kabel fiber optic yang sesuai berdasarkan kebutuhan
jaringan.
– Mempraktikkan pemilihan kabel serat optik dengan kualitas dan spesifikasi
yang sesuai.
4. Latihan Mandiri (15
menit):
– Memberikan latihan mandiri kepada siswa untuk memilih kabel fiber optic yang
sesuai dengan skenario jaringan yang diberikan.
Pertemuan 9: Penerapan
Alat Kerja dan Sambungan Fiber Optic
1. Pendahuluan (5
menit):
– Mengingatkan siswa tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
2. Penjelasan Konsep (20
menit):
– Memahami fungsi alat kerja fiber optic, seperti penyebaran serat, pembersih
serat, pemutusserat, dan splicer serat.
– Menjelaskan prosedur penggunaan alat kerja fiber optic dengan benar.
3. Demonstrasi
Penggunaan Alat Kerja (30 menit):
– Menunjukkan penggunaan alat kerja fiber optic dalam melakukan sambungan dan
perbaikan pada kabel serat optik.
– Mempraktikkan penggunaan alat kerja fiber optic dalam konteks penerapan
jaringan.
4. Latihan Praktis (15
menit):
– Memberikan latihan praktis kepada siswa untuk menggunakan alat kerja fiber
optic dalam membuat sambungan dan melakukan perbaikan pada kabel serat optik.
Pertemuan 10: Perbaikan
Jaringan Fiber Optic
1. Pendahuluan (5
menit):
– Mengingatkan siswa tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
2. Penjelasan Konsep (20
menit):
– Mengidentifikasi masalah yang mungkin terjadi pada jaringan fiber optic.
– Memahami proses perbaikan pada kabel serat optik yang rusak atau sambungan
yang bermasalah.
3. Demonstrasi Perbaikan
(30 menit):
– Menunjukkan langkah-langkah perbaikan pada jaringan fiber optic.
– Mempraktikkan perbaikan sederhana pada kabel serat optik yang rusak atau
sambungan yang bermasalah.
4. Latihan Mandiri (15
menit):
– Memberikan latihan mandiri kepada siswa untuk mengidentifikasi dan
memperbaiki masalah pada kabel serat optik.
Pertemuan 11: Evaluasi
dan Penilaian
1. Pendahuluan (5
menit):
– Memberikan gambaran tentang evaluasi dan penilaian yang akan dilakukan pada pertemuan
ini.
2. Evaluasi dan
Penilaian (60 menit):
– Memberikan tes tertulis yang mencakup materi yang telah dipelajari.
– Melakukan praktik langsung untuk menguji kemampuan siswa dalam melakukan
instalasi, konfigurasi, dan perbaikan jaringan kabel dan nirkabel, serta fiber
optic.
– Mengevaluasi hasil praktik dan memberikan umpan balik kepada siswa.
3. Refleksi dan Penutup
(10 menit):
– Merangkum hasil evaluasi dan penilaian.
– Memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengajukan pertanyaan atau memberikan
umpan balik tentang pembelajaran.
Catatan: Durasi setiap
pertemuan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan waktu yang tersedia dalam
rencana pembelajaran.
Penilaian
Pertemuan 1-5: Jaringan
Kabel dan Nirkabel, Voice over IP (VoIP)
1. Tes Tertulis (20%)
– Memberikan tes tertulis yang mencakup pemahaman konsep dasar jaringan kabel
dan nirkabel, serta layanan Voice over IP (VoIP).
2. Praktik Instalasi dan
Konfigurasi (30%)
– Mengadakan sesi praktik langsung di mana siswa harus menginstalasi dan
mengkonfigurasi jaringan kabel dan nirkabel, serta mengimplementasikan layanan
VoIP pada perangkat simulasi.
3. Tugas Kelompok (20%)
– Mengorganisasi siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil dan memberikan tugas
kelompok yang melibatkan analisis kasus-kasus nyata terkait penerapan jaringan
kabel dan nirkabel, serta VoIP.
4. Portofolio (20%)
– Meminta siswa untuk membuat portofolio yang berisi dokumentasi instalasi,
konfigurasi, dan perbaikan jaringan kabel dan nirkabel yang mereka lakukan
selama proses pembelajaran.
5. Keterlibatan Kelas
(10%)
– Mengevaluasi keterlibatan dan partisipasi aktif siswa dalam diskusi kelompok,
tanya jawab, dan kegiatan kelas lainnya terkait materi pembelajaran.
Pertemuan 6-11: Fiber
Optic
1. Tes Tertulis (20%)
– Memberikan tes tertulis yang mencakup pemahaman konsep dasar jaringan fiber
optic, jenis-jenis kabel, alat kerja, sambungan, dan perbaikan jaringan fiber
optic.
2. Praktik Penggunaan
Alat Kerja dan Sambungan (30%)
– Mengadakan sesi praktik langsung di mana siswa harus menggunakan alat kerja fiber
optic untuk membuat sambungan dan melakukan perbaikan pada kabel serat optik.
3. Tugas Mandiri (20%)
– Memberikan tugas mandiri kepada siswa untuk memperbaiki masalah pada jaringan
fiber optic dan membuat laporan dokumentasi tentang proses perbaikan yang
dilakukan.
4. Proyek Fiber Optic
(20%)
– Mengajukan proyek di mana siswa harus merancang dan mengimplementasikan
jaringan fiber optic dalam skenario yang diberikan, serta melakukan pengujian
dan evaluasi kualitas sambungan.
5. Keterlibatan Kelas
(10%)
– Mengevaluasi keterlibatan dan partisipasi aktif siswa dalam diskusi kelompok,
tanya jawab, dan kegiatan kelas lainnya terkait materi pembelajaran.
Catatan: Bobot penilaian
dapat disesuaikan dengan kebijakan sekolah dan kriteria penilaian yang
ditetapkan. Selain itu, jenis penilaian dan instrumen penilaian dapat
disesuaikan dengan kebutuhan dan sumber daya yang tersedia dalam lingkungan
pembelajaran.
0 Comments