TUGAS JURNAL MODUL 1 PILOTING PPG GURU TERTENTU TAHUN 2024

 

JURNAL REFLEKSI PENGALAMAN MENGAJAR DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL

Romi Haryana Usman
No.UKG 201502953792
Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi
Tugas Jurnal Modul 1 PPG Dalam Jabatan 2024
LPTK Universitas Negeri Makassar



PENDAHULUAN 

Pembelajaran Sosial dan Emosional adalah sebuah teori pembelajaran yang mengacu kepada teori yang dikembangkan oleh Daniel Goleman, yaitu Emotional Intelligence (EI) atau Kecerdasan Emosional dan dan Social Intelligence (SI) atau Kecerdasan Sosial. Dua teori pada waktu yang berbeda, akan tetapi memiliki filosofi yang sama, di mana akar dari teori di atas adalah, bahwa untuk menghadapi kompleksitas persoalan di dunia modern hari ini, tidak cukup dengan bermodalkan kecerdasan intelektual saja (Intelligence Quotient), tapi juga dibutuhkan kecerdasan lain, yang dalam istilah Goleman disebut Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Sosial.

Seperti biasa sebelum pembelajaran dimulai saya menginstruksikan peserta didik melakukan do’a bersama dipembukaan kelas, mengabsen siswa dan di lanjutkan dengan pembelajaran. Yang saya rasakan sangat menyenangkan dalam mengelola kelas dengan cara seperti ini. Setelah saya mempelajari tentang pembelajaran sosial emosional, saya coba memahami kebutuhan peserta didik dalam hal kemampuan bersosial, dan memperhatikan emosional mereka. Dan saya menemukan hal-hal yang menarik dari para peserta didik.

Inilah beberapa hal yang saya lakukan. Diantaranya :

1.           Membuat kesepakatan kelas


1.            Melakukan ice breaking (Kesadaran Diri)


1.             Membagi kelas dalam beberapa kelompok (kemampuan berelasi)


1.      Dan memberikan tugas dengan memberikan pilihan kepada peserta didik. (Pilihan yang bertanggung jawab)

Dengan melakukan kesepakatan kelas, peserta didik berusaha untuk memenuhi kesepakatan yang telah dibuat, begitu pun dengan saya berusaha untuk memenuhi kesepakatan tersebut sebagai teladan kepada peserta didik.

Ice breaking berhasil dalam membangkitkan semangat peserta didik, keadaan mereka yang semula tidak semangat, masalah yang mereka bawa dari rumah, seketika hilang dengan adanya ice breaking. Yang ada di wajah mereka adalah senyuman dan semangat mereka dalam mengikuti pembelajaran.

Membagi kelas dalam beberapa kelompok bukan ide yang buruk, dengan penamaan kelompok berdasarkan materi yang di ampu, membuat mereka dapat membantu mereka dalam mengulangi materi yang sudah di dapatkan. Selain itu pula, mereka data berkolaborasi dan kemampuan dalam relasi antar teman dapat terjalin.

Memberikan pilihan dalam membuat jawaban tugas yang di berikan dapat meningkatkan kreatifitas peserta didik, hal tersebut terbukti dari pilihan jawaban mereka baik dalam bentuk poster, bentuk presentasi ataupun video.

UMPAN BALIK

Umpan balik yang saya lakukan dalam bentuk google form dan di simpan dalam google spreadsheet. Berikut screenshoot dari refleksi.











Post a Comment

0 Comments